Laskar Pelangi

Di sinilah kekuatan tetralogi Laskar Pelangi. Novel yang dilatarbelakangi kejadian nyata sang penulis, Andrea Hirata. Novel ini mengisahkan bagaimana Ikal (nama panggilan untuk karakter Andrea) dan kesembilan orang temannya telah mewarnai atmosfer sekolah gudang kopra Muhammadiyah di Belitong, menjadi saksi mereka dalam mengangkat harkat sekolah pinggiran tersebut hingga mengungguli sekolah kelas atas seperti sekolah PN Timah, dan mengabadikan kerja keras Bu Muslimah dan Pak Harfan dalam menjaga sekolah tersebut agar tetap bernafas. Jika Anda bergerak di bidang seni, pasti ada akan terinspirasi oleh Mahar yang memiliki imajinasi seni luar biasa. Jika Anda seorang pembelajar, maka pastilah tergugah oleh kejeniusan Lintang yang harus menempuh jarak 80 km pulang pergi ke sekolahnya. Lihatlah bagaimana ia bisa mendapat nilai sepuluh untuk Matematika dan IPA, serta memborong semua jawaban babak rebutan dalam lomba cerdas cermat. Dan kita pasti akan belajar untuk mempersiapkan masa depan lebih baik dengan melihat nasib yang membawa hidup para karakter setiap tokohnya 12 atau 15 tahun kemudian.

Baca pula tetralogi yang kedua dan ketiga, Sang Pemimpi dan Edensor. Kenakalan Ikal dan Arai membuat kita terbahak-bahak, Pak Balia yang begitu profesional menjadi seorang guru, serta mimpi Ikal dan Arai untuk kuliah di Paris dan berkeliling Eropa serta Afrika yang akhirnya terwujud jua. Pengalaman hidup yang bisa membuat kita menyusun kembali rencana hidup kita (terutama untuk para mahasiswa dan fresh graduate untuk gigih berjuang mencari beasiswa).

Intinya, tanpa maksud berpromosi, baca deh segera, entah itu pinjam dari teman atau beli langsung. Mudah-mudahan buku ini menginspirasi Anda sebagaimana saya dan orang-orang lainnya. :)

yang berkeinginan membaca secara detail
Laskar Pelangi e book

0 comments: